Gua Bertabur Bintang di Selandia Baru

Umumnya gua merupakan tempat yang gelap dan menakutkan menjadi berbeda ketika kita mengunjungi  Gua Waitomo Glowworms atau The Waitomo Glowworm Caves  yang berada di Selandia Baru. Di gua ini kita seakan berjalan dibawah taburan bintang kerlap kerlip.

Konon masyarakat setempat sudah mengetahui keberadan gua ini hanya saja mereka berangapan bahwa itu hanyalah mitos, adalah Fred Mace seorang surveyor dari Inggris yang melakukan penelitian ke dalam gua pertama kali  bersama Tane Tinorau.

Gua Waitomo  pertama kali dibuka sebagai tempat wisata  pada tahu 1889. Di tahun 1906 gua Waitomo diambil alih oleh pemerintah setempat. Waitomo sendiri terdiri dua suku kata yaitu Wai (air) dan tomo (lubang) jika digabungkan menjadi lubang air.

Yang membuat gua seperti bertaburan bintang adalah  Glowworms salah satu spesies nyamuk jamur. Serangga kecil ini adalah jenis langka yang hanya dapat ditemukan  sini. Glowworms rentan terhadap cahaya.  Mereka hanya bisa berkembang biak di tempat yang gelap dan tanpa keributan.

Gua Waitomo juga merupakan surga untuk pecinta arung jeram dan panjat dinding. Bukan hanya itu  hal unik lain yaitu di dalam gua  terdapat air terjun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *