WISATA ROHANI KE VATIKAN

WISATA-ROHANI-KE-VATIKAN

WISATA ROHANI KE VATIKAN NEGARA TERKECIL DI DUNIA

Wisata rohani Ke Vatikan negara terkecil di dunia.  Vatikan adalah negara terkecil di dunia, hanya 0,6 km2, alias 800m x 800m, terletak di dalam kota Roma, Italy.

Angka kelahiran nol, karena di dalam negara ini, hanya ada gereja katolik sebagai pusat umat katolik di dunia, dan sebagai kediaman resmi Sri Paus, pemimpin umat katolik di dunia.
Vatikan tidak mempunyai tantara, maka dijaga oleh Swiss Guard, yaitu tentara pilihan yang ditempatkan oleh negara Swiss untuk membantu menjaga Vatikan

pada setiap rabu jam 10, Sri Paus memberi berkat kepada siapapun yang hadir di Lapangan Santo Petrus di Vatikan. Muat sekitar 80rb orang. Ini bukan misa ya. Kl misa, hari minggu, tapi Sri Paus tdk hadir. Hanya bagi berkat.

WISATA-ROHANI-KE-VATIKAN

Undangan bisa didapat melalui fax (ya, fax, bukan email), untuk minimal 10 orang (rombongan), cek di website resmi. Undangan ini gratis. Atau bisa didapat setiap selasa jam 3 sore sampai jam 7 malam di bronze door di samping lapangan Santo Petrus. Minta ke Swiss Guard.

BACA JUGA : Sejarah Negara Vatikan

Warisan Dunia UNESCO

Italia adalah negara yang paling banyak memiliki situs warisan dunia versi UNESCO, tapi Vatikan adalah satu-satunya negara lengkap yang menjadi situs UNESCO sejak 1984.

Untuk kenang-kenangan, silahkan stempel paspor ketika memasuki negara itu.

Warga Kelahiran Luar Negeri

Perlu lebih dari sekedar kelahiran di Vatikan yang membuat seseorang menjadi warga negara. Bukan juga sekedar memiliki orangtua yang warga Vatikan.

Untuk menjadi warganegara, seseorang harus bekerja di sana. Kewarganegaraan tidak dijamin berdasarkan tempat kelahiran, tapi hanya mereka yang bekerja di sana.

Dengan demikian, jika seseorang kehilangan pekerjaannya, maka kewarganegaraannya pun dicabut dan orang-orang yang bukan warga manapun secara otomatis menjadi warga negara Italia.

Penikmat Wine

Walaupun jumlah penduduknya sedikit, Vatikan menjadi penikmat wine paling tinggi untuk tiap penduduknya. Menurut penelitian oleh Wine Institute, secara rata-rata, tiap warga di sana menikmati 54,26 liter per tahun.

Tapi ada alasannya. Sejumlah besar wine itu dibagikan saat pelaksanaan ibadah komuni.

Tak Selalu Kediaman Paus

Sebelum berkedudukan di Vatikan, para Paus tinggal di Istana Lateran, di seberang Vatikan dan masuk dalam kota Roma. Pada 1309, tahta Paus pindah ke Avignon, Prancis. Ketika kembali ke Roma pada 1377, Istana Lateran musnah dalam kebakaran dan kepausan dipindahkan ke Vatikan.

Baca Juga :  FAKTA TENTANG VATIKAN