Fakta Menarik di Gunung Everest

Fakta Menarik di Gunung Everest Tertinggi Nepal

Sebagai gunung dengan puncak tertinggi di dunia, Everest menjadi “kiblat” para pendaki gunung, tentu untuk  sampai kepuncaknya, tentu tidak gampang.

Sebelum membangun niat untuk mengunjunginya simak beberapa fakta menarik yang ada di gunung everest.

1. Gunung tertinggi di dunia

Everest memiliki predikat sebagai gunung tertinggi di dunia. Ketinggian gunung ini yaitu 8.848 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung Everest juga disebut Chomolungna oleh orang orang tibet yang memiliki arti mother goodness og the universe.

Pemerintah negara nepal sebelumnya juga memberi nama sagarmantha, yang dapat diartikan sebagai dewi langit.

2. Memiliki 18 jalur pendakian

Gunung everest berada di lempeng benua asia. Pada bagian selatan berbatasan dengan negara nepal, dibagian utara berbatasan dengan negara tiongkon dan tibet.

Ada sekitar 18 alternatif jalur pendakian di gunung everest.

3. Termasuk dalan seven summits di dunia

Seven summits merupakan rangkaian tujung gunung tertinggi di tujuh lempeng benua.

Tujuh gunung tersebut yaitu gunung carstensz pyramid ketinggian 4.884 mdpl di papua (lempeng australasia), gunung elbrus ketinggian 5.642 mdpl di rusia (lempeng eropa).

Kemudian gunung kilimanjaaro ketinggian 5.895 mdpl di tanzania (lempeng afrika), gunung aconcagua ketinggian 6.962 mdpl di argentina (lempeng amerika serikat), gunung vinson massif ketinggian 4.892 mdpl di antartika (lempeng antartika).

Lalu gunung denali ketinggian 6.190 mdpl di alaska (lempeng amerika utara) dan gunung everest ketinggian 8.848 mdpl di nepal (lempeng asia).

4. Oksigen tipis

Oksigen akan terus menurun hingga sepertiganya saat berada di puncak everest. Semakin tinggi dari permukaan laut, tekanan udara semakin rendah. Tekanan udara yang rendah tersebut membuat oksigen lebih menyebar sehingga lebih sedikit.

5. Jalu menuju puncak begitu berat

Selain oksigen, jalur yang ditempuh juga berat. Seperti tebing dengan jurang terjal di sisi kanan dan kiri. Suhunya juga bisa mencapai -80 derajat fahrenheit.

6. Perlu Persiapan

Sebelum ingin memulai pendakian, lakukan latihn atau olahraga rutin. Seperti yang diketahui, banyak rintangan menuju puncak. Mulai dari medan, suhu, hingga cuaca.

Selain fisik, persiapkan pula peralatan, pengetahuan soal gunung, hingga mental sebelum anda berangkat.

7. Banyak pendaki meninggal dunia

Data dari mahitala unpar,  sejak tahun 1924 hingga 2017 ada sekitar 288 yang meninggal dunia di everest.

Tercatat 168 orang meninggal menuju puncak tanpa suplemen oksigen. Sebanyak 71 orang meninggal setelah mencapai puncak everest dan perjalanan turun.

Share:

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.